You are here
Home > Fengshui > Tips Mengatur Feng Shui Dapur Yang Baik

Tips Mengatur Feng Shui Dapur Yang Baik

feng shui dapur

Mengatur Feng Shui Dapur – Salah satu bagian tempat didalam rumah yang menjadi tempat terjadinya masak memasak adalah dapur. Selain itu dapur merupakan tempat yang menunjang keberlangsungan hidup manusianya didalam rumah.

Area dapur ini pun merupakan prioritas utama bagi ibu rumah tangga, karena di area inilah sebuah masakan tercipta untuk keluarga. Serta area inilah yang menentukan bagaimana rasa masakan sang ibu. tentu saja dapur juga merupakan area dimana sang ibu yang mengatur segala macam nutrisi dan kesehatan keluarga dari masakan yang dibuatnya.

Untuk itulah diperlukan tata letak dan feng shui dapur yang baik. Dalam ilmu fengshui kuno mengatakan bahwa dapur adalah ruangan yang paling penting di dalam sebuah rumah. Karenanya, jika arus energi di dalam dapur mampu dikelola dengan benar sesuai prinsip FengShui, keluarga mereka akan menikmati kesehatan dan keberlimpahan.

Mengatur Feng Shui Dapur Yang Baik

Dalam ilmu fengshui ada hal-hal yang perlu ditata supaya dapur menjadi tempat yang nyaman dan berkah. Supaya keharmonisan dalam keluarga menjadi lebih baik. Berikut ini tips mengatur fengs shui dapur yang benar :

1. Hindari Menempatkan Dapur Di Tengah Rumah

Bagian tengah dari sebuah rumah bisa diibaratkan daerah “jantung” atau pusat keutuhan sebuah keluarga. Menempatkan dapur yang di dalamnya terdapat kompor, pisau tajam, dan lain sebagainya tentu berisiko “menghanguskan” energi baik yang beredar di dalam rumah.

Untuk itu idealnya, dapur ditempatkan pada sudut area rumah yang berbatasan dengan halaman, sehingga udara segar dan energi baik senantiasa mengelilingi rumah tanpa hambatan. Sehingga dapur bisa menjadi tempat yang menyegarkan untuk memasak.

2. Mengatur Letak Kompor

Berhubung kompor adalah pusat kegiatan di dapur, maka penempatannya pun amat mempengaruhi kualitas energi yang beredar di dalam ruangan. Hindari menempatkan kompor yang berhadapan langsung dengan pintu masuk dapur, agar energi yang masuk ke dalam dapur tidak keburu “hangus” sebelum sempat memutari ruangan.

Letak kompor yang berseberangan dengan kran air atau tempat penyimpanan air juga bisa mengakibatkan tarik-menarik antar energi yang saling berlawanan (air dan api), sehingga bisa mempengaruhi kesehatan penghuni rumah.

3. Pastikan Kompor Berfungsi Dengan Baik

Kompor merupakan alat yang paling berpengaruh dalam dapur. Bila berfungsi dengan baik, maka proses produksi makanan bagi seisi rumah akan berlangsung lancar. Dalam ilmu Fengshui, kelancaran proses memasak ini melambangkan kelancaran aliran rejeki dan kesehatan prima bagi seluruh anggota keluarga. Selain memastikan kompor berfungsi dengan baik, bersihkan pula kompor setiap hari untuk membersihkan aliran energi melalui makanan.

jimat keris semar

Baca Juga :


4. Merapikan Benda-benda Dapur

Selain merusak pemandangan, tumpukan peralatan makan yang belum dicuci, perangkat memasak yang diletakkan secara sembarangan, botol-botol bumbu yang disusun berantakan, serta tempat sampah yang penuh dan mengeluarkan aroma tidak sedap bisa menghambat aliran energi positif di dalam dapur. Secara berkala, sempatkan membersihkan dapur dan menyortir benda-benda yang sudah tak lagi diperlukan agar ruangan senantiasa rapi.

5. Amankan Benda Berbahaya

Benda-benda berbahaya seperti kumpulan pisau, gunting harus diletakkan di tempat aman yang sulit dijangkau anak-anak. Selain itu hindarkan juga kain lap dan perangkat masak lain yang terbuat dari kayu dan benda yang mudah terbakar lainnya dari kompor.

Di atas kenyamanan, faktor keamanan perlu diutamakan dalam menata ruangan di dalam rumah. Untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, dapatkan perlindungan asuransi properti sesuai kebutuhan. Anda pun akan merasa lebih tenang kala melakukan berbagai aktivitas di dalam rumah.

6. Tambahkan Vas Bunga & Wadah Buah-buahan

Memberikan tambahan vas bunga dan beberapa wadah buah-buahan juga turut memberikan kesegaran dalam dapur. Namun jangan hanya vas dan wadahnya saja, akan tetapi berikan bunga asli dan buah-buahan yang segar. Karena selain berfungsi juga untuk bahan masakan, adanya buang dan buah juga akan memanjakan mata Anda dalam memasak didapur.

7. Atur Ventilasi Dengan Baik

Secara logis, ventilasi yang baik di dalam dapur akan membantu melancarkan pengeluaran aroma masakan dari dalam dapur. Karenanya, pastikan jendela-jendela di dapur bisa dibuka tanpa hambatan, sehingga tak menghalangi aliran udara segar dan energi positif di dalam dapur.

1,668 total views, 1 views today


Konsultasi Seputar Feng Shui Dengan Ibu Dewi Sundari langsung dibawah ini :

Atau Hubungi Admin Mas Wahyu dibawah ini :

Bacaan Paling Dicari:

Top