You are here
Home > Karir > 5 Cara Menghadapi Kritik Di Kantor, Dijamin Anti Baper

5 Cara Menghadapi Kritik Di Kantor, Dijamin Anti Baper

cara menghadapi kritik

Pada dasarnya kritik sebenarnya diperlukan untuk membangun dan meningkatkan kinerja diri Anda. Akan tetapi jika sebuah kritik yang dilakukan diluar batas kewajaran, atau bisa dikatakan berlebihan, jelas akan membuat tidak nyaman.

Kritik, baik itu disampaikan oleh atasan ataupun teman kerja seharusnya berisi suatu hal yang membangun. Selain itu kritik juga harus mempunyai takaran yang pas dan tidak boleh berlebihan.

Dalam dunia pekerjaan kritik bisa menjadi tidak efektif dan malah bisa berpotensi menjadi konflik. Anda yang bekerja dalam suasana pekerjaan yang penuh kritik tak perlu terpancing emosi. Karena menanggapi kritik dengan emosi hanya akan membuat Anda tampak lebih buruk.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi kritik, terutama kritik yang pedas sekalipun. Ikuti cara dibawah ini, dijamin no baper.

1. Dengarkan Dulu, Jangan Langsung Terpancing Emosi

Katakanlah tiba-tiba Anda berada disuatu moment dikritik habis-habisan tentang pekerjaan Anda, padahal semua itu bukanlah salah Anda. Hal yang pertama Anda lakukan janganlah langsung terpancing emosi. Dengarkan saja dulu sampai mereka selesai mengkritik Anda.

Diam saja dulu, dan pahami apa yang mereka kritik. Catat poin-poin penting dari apa yang mereka kritik. Apakah hal itu benar salah Anda, atau hanya sebuah kesalahpahaman semata.


Baca Juga :


Setelah mereka selesai mengkritik Anda, giliran Anda untuk menerangkan kepada mereka. Jelaskan dengan sejelas-jelasnya tentang sesuatu yang Anda dikritik tentang itu. Jelaskan dengan sabar agar mereka juga bisa mengerti dan menerima dengan baik penjelasan Anda. Ingat, jangan dengan emosi. Hal apapun yang Anda sampaikan dengan emosi, hasilnya tidak akan baik.

2. Kritik, Jangan Terlalu Diambil Hati

Kritik, apalagi saat penyampaianya dengan sedikit emosional memang tidak nyaman didengar. Akan tetapi bagaimanapun cara menyampaikannya, anggaplah kritik sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas diri dalam bekerja.

jimat keris semar

Terkadang hal yang membuat kita sering sakit hati, baper dan tidak nyaman adalah karena sikap yang terlalu personal dalam menanggapi kritik. Hal ini tentu tidak boleh terjadi, apalagi saat Anda dikritik dalam lingkungan kerja. Hal yang tidak enak dari kritik hanya cara penyampaiannya, tujuannya tetap sama yaitu agar kinerja Anda lebih baik. Jadi jangan diambil hati ya, stop baper pada kritik

3. Jika Atasan Yang Mengkritik, Mintalah Penjelasan Dengan Sopan

Jika yang mengkritik kinerja Anda adalah atasan, Anda sebaiknya meminta penjelasan dengan sopan kepadanya. Maksudnya adalah mintalah keterangan sejelas-jelasnya kepada atasan, pada bagian mana Anda dinilai bekerja tidak maksimal. Dengan mengetahui secara gamblang, maka akan memudahkan Anda dalam memperbaiki kinerja diri ke depannya.

Tidak usah takut ataupun sungkan, lebih baik bertanya daripada Anda bingung dengan apa yang harus Anda lakukan. Bertanya pada atasan tentang sesuatu yang belum jelas bukanlah sesuatu yang tabu. Atau juga lebih baik jika Anda meminta petunjuk bagaimana atas pekerjaan yang Anda lakukan.

4. Jangan Menyalahkan Orang Lain

Bagaimanapun pedasnya kritik yang Anda terima, jangan sampai hal ini membuat Anda menyalahkan orang lain. Kritik tersebut jelas ditujukan untuk Anda, terima dengan baik dan evaluasi. Menyalahkan orang lain bukanlah sebuah solusi. Terlebih lagi, menyalahkan orang lain justru akan menambah masalah baru.

Selain itu menyalahkan orang lain merupakan tindakan kekanak-kanakan yang sama juga Anda tidak berani bertanggung jawab dengan apa yang Anda lakukan. Sifat menyalahkan orang lain ini tentu bisa menjadi penilaian buruk untuk Anda dikantor.

5. Introspeksi & Evaluasi Diri Sendiri

Kenyataanya kadang memang kritik itu sering menyakitkan, terlebih lagi apabila kritik tersebut menyerang secara personal, pasti akan terasa sangat menyebalkan. Tapi, begitulah dunia kerja. Anda akan selalu berteman dengan namanya kritik mengkritik.

Namun seiring berjalannya waktu, Anda akan terbiasa menanggapi kritik. Dan setelah terbiasa Anda akan memahami bahwa kritik pun memiliki sisi positif yang baik. Anda akan menjadi pribadi yang selalu introspeksi dan evaluasi diri dari pengalaman yang ada.

 

983 total views, 2 views today


Konsultasi Seputar Feng Shui Dengan Ibu Dewi Sundari langsung dibawah ini :

Atau Hubungi Admin Mas Wahyu dibawah ini :

Bacaan Paling Dicari:

Top